October 26, 2020

Mengenal Lebih Jauh Pengolahan Sampah di Sekolah Berwawasan Lingkungan

Hallo Sahabat SMAGO! Taukah kalian? Saat ini SMAN 1 Godean terus berbenah menjadi sekolah Adiwiyata lho! Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berbasis lingkungan. Sekolah sebagai tempat belajar mengajar yang terintegrasi dengan lingkungan bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian tidak hanya siswa tetapi juga seluruh warga sekolah, sehingga diharapkan seluruh warga SMAN 1 Godean memiliki karakter yang cinta dengan lingkungan, disiplin, dan terciptanya pembiasaan hidup bersih.

Program Adiwiyata adalah program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam 5 tahun terakhir, SMAN 1 Godean telah mencatatkan berbagai kemajuan dalam usaha pelestarian lingkungan hidup. Salah satunya, SMAN 1 Godean telah meraih sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Sleman pada tahun 2019 dan sekarang SMAN 1 Godean sedang bersiap menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2020. Hebat kan Sahabat SMAGO?

Upaya menjadikan SMAN 1 Godean menjadi sekolah Adiwiyata diwujudkan dalam berbagai program dan kegiatan. Salah satunya diimplementasikan dalam visi misi sekolah yaitu berkomitmen menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan. Berbagai program juga dijalankan antara lain, lomba kebersihan kelas, mading lingkungan hidup, jumat bersih, pembuatan taman, green house, bank sampah, dan adanya kebun TOGA. Selain itu, di SMAN 1 Godean kita tidak diperbolehkan menggunakan plastik dalam berbagai kegiatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tidak adanya penggunaan bungkus plastik di kantin sekolah. Bagaimana? Menarik bukan? Pasti timbul pertanyaan dibenak Sahabat SMAGO, “Terus kalau jajan di kantin dibungkus pakai apa dong?” Nah sekedar informasi, untuk seluruh sahabat SMAGO di manapun berada, di kantin SMAGO kita menggunakan bungkus yang ramah lingkungan Sahabat! Seperti menggunakan bungkus daun dan kertas yang tentunya mudah terurai dan tidak merusak lingkungan.

Terdapat 2 pengolahan sampah yang ada di SMAN 1 Godean, yaitu pengolahan sampah anorganik dan sampah organik. Untuk pengolahan sampah anorganik, setiap minggu siswa menyetorkan sampah anorganik di setiap kelasnya kepada petugas bank sampah yang melibatkan OSIS Ancala Puspa Paksi. Sampah-sampah yang disetorkan tersebut kemudian dipilah mana yang dapat dijual kembali dan mana yang dapat dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi. Sampah seperti botol air dapat dimanfaatkan menjadi hiasan kelas dan ecobricks.

Pengolahan sampah yang kedua adalah pengolahan sampah organik. Dengan banyaknya tanaman dan pepohonan di lingkungan SMAN 1 Godean, maka tidak bisa dipungkiri bahwa setiap harinya tercipta sampah-sampah organik seperti dedaunan, ranting, akar, dan sebagainya. Sampah organik tersebut kemudian diolah menjadi pupuk kompos yang diolah langsung oleh siswa dengan bimbingan bapak ibu guru. Pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos di SMAN 1 Godean telah menggunakan mesin pencacah sampah dedaunan atau composter. Produk pupuk kompos yang dihasilkan di SMAN 1 Godean dimanfaatkan untuk menyuburkan berbagai tanaman di lingkungan sekolah dan produk pupuk kompos ini dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas. Wah menarik sekali ya Sahabat SMAGO pengolahan sampah yang ada di SMA N 1 Godean! (ditulis oleh Syahrindra Restu R.)

Penanaman di kebun TOGA

Perawatan Tanaman di Green House

Kegiatan Jum’at Bersih

Pengolahan Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*