September 25, 2021

Sosialisasi, Motivasi, dan Doa Bersama agar Sukses US dan UTBK untuk Kelas XII Tahun Ajaran 2020/2021

Kegiatan sosialisasi, motivasi, dan doa bersama untuk Peserta Didik Kelas XII dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 secara daring melalui zoom meeting.  Walaupun dilaksanakan secara daring karena masih masa pandemi COVID-19, namun tidak mengurangi antusiasme peserta didik kelas XII dan orang tua/wali murid untuk mengikuti kegiatan tersebut.  Acara tersebut dihadiri 358 peserta didik dan orang tua ditambah 13 bapak/ibu wali kelas dan guru pendamping kelas XII.

Acara berlangsung sangat padat selama 2 jam dari jam 10.00 s.d. 12.00 WIB. Acara dibuka dengan membaca doa bersama-sama oleh pembawa acara, Ibu Tri Ismiyati, M.Pd. Selanjutnya ada sambutan Kepala Sekolah oleh Ibu Dra.Anies Racmania SS., M.Pd.yang memberi ucapan selamat datang dan terimakasih serta menjelaskan program-progarm yang telah dilaksanakan sekolah untuk peserta didik Kelas XII agar bisa sukses US, sukses UTBK dan akhirnya sukses masuk ke PTN termasuk adanya bimbingan tambahan kerjasama dengan bimbel untuk anak-anak yang tidak ikut bimbel di luar. Kepala Sekolah berharap lulusan SMAN 1 Godean bisa diterima di PT yang qualified  serta haparan dan doa semoga peserta didik kelas XII sukses semua serta mengucapkan terimakasih pada orang tua/wali yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini.

Sosialisasi US dan kelulusan yang disampaikan oleh Wakil KS Kurikulum, Tri Ismiyati, M.Pd., yang memaparkan dasar hukum pelaksanaan Ujian Sekolah dan  menjelaskan tentang syarat kelulusan yaitu: 1) Menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi COVID 19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, 2) Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal Baik, 3) Mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Adapun bentuk Ujian yang diselenggarakan sekolah berupa: 1) Portofolio (evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap, dan prestasi yang pernah diperoleh), 2) penugasan, 3) tes secara luring atau daring dan atau, 4) Bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan. Dijelaskan juga agenda penilaian yang akan datang masih 2, yaitu TPHBS (17-19 Maret 2021) dan Ujian Sekolah (22 -31 Maret 2021), disampikan juga hasil 2 kali try out sekolah (TO I dan TO II) serta rekam jejak alumni tahun 2019 dan 2020.

Acara selanjutnya adalah motivasi dengan nara sumber  Veronika Febriana Dian Pertiwi, S.Psi, M.Psi., Psikolog, acara ini bertujuan untuk memotivasi kelas XII agar lebih berprestasi dan tidak mudah menyerah untuk meraih cita-cita yang diinginkannya. Motivasi penting untuk kelas XII agar meraih gerbang PTN. Nara sumber meminta siswa harus banyak berefleksi profesi apa yang “aku banget”, menganjurkan adanya pemetaan potensi minat harus dilakukan, harus ada persiapan mental bila gagal apa langkah selanjutnya yang harus diambil. PT tidak mengenal zonasi, PT hanya mengenal berjuang untuk Narasumber menandaskan tidak ada istilah zonasi untuk PTN, yang ada adalah berjuang untuk bisa masuk. Bila siswa mengalami lelah boleh tapi tidak boleh menyerah, bila lelah aturlah ritme belajar pelan. Belajar efektif tidak harus lama-lama tetapi harus konsentrasi. Selanjutnya bagi siswa yang memerlukan bantuan atau kesulitan materi jangan tunda-tunda untuk diselesaikan.

Selama acara berlangsung ada beberapa chat pertanyaan dari orang tua dan siswa tentang kegiatan sekolah, penilaian, dan lainnya. Acara berikutnya adalah strategi memilih jurusan di PTN dengan Narasumber Imam Pujianto dari LBB Neutron pusat. Tipsnya antara lain: Untuk sukses SBMPTN syaratnya Cuma 1, nilai UTBK tinggi, soal sulit (HOTS) semakin sedikit yang jawab benar maka skor nilai makin tinggi, untuk nembus UGM maka dari soal UTBK minimal 60% harus bisa (nilai UTBK diatas 600), siswa harus punya target, ring I PTN: UGM, UI, dan ITB, terakhir membahas tentang skor agar bisa masuk PTN

Doa bersama adalah acara terakhir dari kegiatan ini. Acara doa bersama terbagi atas 3 ruang zoom yang berbeda. Bagi yang beragama Islam tetap di ruang zoom semula, bagi yang beragama katolik dan kristen memakai ruang zoom yang berbeda-beda. Doa dipimpin oleh Bapak Muhammad Aziz Fajri, S.Ag. (guru PAI). Bagi yang beragama Katolik, doa dipimpin oleh Ibu Fransica Rohmawati, S.Pd. dan bagi yang beragama Kristen, doa dipimpin oleh Ibu Difri Sari Pali, S.Pd. K. Acara ditutup dengan membaca doa bersama dengan harapan semoga semua siswa kelas XII sukses (kontributor: Tri Ismiyati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*